Tips Dan Cara Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet



Tips Dan Cara Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Rajin untuk Mengecek Oli
Tips merawat mobil matic yang kedua adalah rajin mengecek oli. Meskipun poin yang satu ini terlihat sederhana, tetapi mengecek oli perlu diperhatikan. Terlebih bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota sebaiknya selalu mengecek oli ada mobil Anda. Jika saja Anda membiarkan oli pada mobil, maka dapat mempengaruhi kinerja transmisi dan dapat menimbulkan resiko kerusakan pada mobil matic Anda. Untuk itu gantilah oli mobil khusus untuk matic dengan nama automatic transmission fluid. Pada umumnya pergantian oli berdasarkan dengan laju mobil sekitar jarak 20 ribuan.
Memanaskan Mobil Setiap Harinya
Memanaskan mesin mobil sangat penting untuk dilakukan. Selain berguna untuk mesin, memanaskan mobil juga bermanfaat untuk aki mobil. Secara umum aki mobil tipe basah perlu dihidupkan setiap harinya agar tidak mogok, sedangkan untuk aki tipe kering lebih mudah dalam perawatan namun tetap dihidupkan. Memanaskan mesin mobil dapat dilakukan di pagi hari dengan kondisi persneling mobil berada di posisi N
Teliti Ketika Menggunakan Persneling Matic
Tips merawat mobil matic yang berikutnya adalah teliti ketika menggunakan persneling saat berjalan. Jangan gunakan persneling posisi P jika mobil belum benar-benar berhenti, selain itu hindari persneling pada posisi N ketika mobil sedang di parkir, sebaiknya pindahkan transmisi pada posisi P ketika parkir. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada transmisi.
Service Berkala
Seperti halnya dengan mobil transmisi manual, perawatan secara berkala juga penting untuk kendaraan jenis matic. Anda harus mengikuti instrusksi service berkala yang sudah direkomendasikan oleh produsen mobil. Untuk itu, lakukanlah service sesuai ketentuan yang berlaku agar mobil matic Anda tetap dalam performa yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *